Sunday, 18 September 2016

Belajar Menata Kampung Tamansari, Cikapundung, Bandung bareng Kang Ridwan Kamil

Status : Draft

Berikut adalah "algoritma" yang digunakan Kang Ridwan Kamil dalam membenahi kekumuhan kota : 




Mapay Lembur di Kampung Tamansari pinggir sungai cikapundung, dimana penduduknya tinggal di tanah pemkot. Kekumuhannya akan dibongkar dan ditata dengan bangunan apartemen deret dgn tambahan populasi 3 kali lipat. Warga pindah dahulu selama konstruksi dan akan kembali lagi ke lokasi semula saat proyek sudah selesai. 
Ini contoh, jika tata ruangnya memang untuk permukiman, penduduk tidak perlu terusir permanen. Penduduk bisa tinggal kembali di lokasi lama dengan lingkungan yang sudah modern dan bersih. Hatur Nuhun.
- Ridwan Kamil
Kalau sekilas melakukan penelusuran di Google, tercatat Buletin Cipta Karya Terbitan 2010 berjudul "Rusunawa untuk Mengurangi, Bukan Menambah Kekumuhan" [1],  di Buletin ini dibahas salah satunya mengenai pembangunan Rusunawa di Kampung Tamansari. Entah, apa yang dilontarkan ini merupakan realisasi tulisan di Buletin ini, atau versi pembaharuan dari gagasan yang ditulis di Buletin ini. Mari Kita ikuti perkembangan niat baik Pak Ridwan Kamil dan rekan-rekan di Pemerintahan Kota Bandung.

Referensi


  1. Rusunawa untuk Mengurangi, Bukan Menambah Kekumuhan, https://sites.google.com/site/repositoridokumenelektronik2/home/tata-ruang

No comments:

Post a comment